SEJARAH BP DIKJUR JAWA TENGAH

BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN (BP DIKJUR) dahulu adalah BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK lembaga pendidikan teknik yang didirikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, penggunaannya diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan DR. DAOED JOSOEP di Jogjakarta pada hari Selasa, 31 Maret 1981.

Dengan adanya BLPT saat itu Sekolah Kejuruan Tehnik Negeri di Semarang, tidak perlu pengadaan peralatan praktek, karena semua kegiatan dilaksanakan di BLPT dengan peralatan dan tenaga pendidik (Guru) yang memadahi dan sesuai dengan kebutuhan ketrampilan.

Dengan adanya Otonomi Daerah tahun 2002 BLPT menjadi UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, disamping itu SMK pun mulai mandiri dengan pengadaan peralatan masing-masing sekolah.

Maka sesuai dengan tuntutan dan perkembangan BLPT Semarang yang semula berorientasi pada tempat praktek siswa SMK yang ditunjuk, Perguruan Tinggi dan Masyarakat yang terkait dengan Pendidikan Kejuruan Se-Jawa Tengah.

 Diberlakukannya peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 39 Tahun 2008 BLPT berubah menjadi Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan ( BP DIKJUR) sebagai UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dengan tugas pokok menyelenggarakan Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi bagi Sekolah Kejuruan di Jawa Tengah.